Riwayat Singkat Perseroan

Djonny-Taslim Panca Budi Grup didirikan oleh Djonny Taslim pada tahun 1979 dan mengawali kariernya sebagai pedagang umum yang mendistribusi produk jadi kantongan plastik berbahan baku PP, HDPE, dan PE.  Pada tahun 1990, Djonny Taslim mendirikan Perseroan untuk memproduksi dan mendistribusikan produk jadi kantongan plastik.  Perseroan mulai beroperasi secara komersial dengan memproduksi kantongan plastik pada tahun 1991.  Pada tahun 2003, Perseroan mendapat sertifikat ISO 9001 untuk manajemen proses produksinya.  Perseroan adalah perusahaan terpadu yang memproduksi dan mendistribusi barang plastik kemasan.  Kegiatan usaha Perseroan mencakup mulai dari perdagangan biji plastik, produksi plastik kemasan, dan distribusi plastik kemasan baik dalam negeri maupun ekspor.

Perseroan merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang memiliki merek pada produk jadi kantongan plastik.  Merek pertama yang dijual adalah Pluit dan selanjutnya mengembangkan merek-merek lain seperti: Tomat, Bangkuang, Jeruk, Cabe, 222, Wayang, Gapura, Sparta, Liberty, Dayana, PB dan beberapa merek lainnya. Selain itu, Perseroan juga merupakan perusahaan pertama di bidang produk jadi kantongan plastik yang memperoleh sertikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia pada tahun 2013 dan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia pada tahun 2013.

Pasar pertama yang dijangkau oleh Perseroan adalah Jabodetabek dan secara bertahap dikembangkan untuk menjangkau seluruh Indonesia.  Pada tahun 2011, Perseroan mendirikan PT. Panca Budi Niaga sebagai perusahaan distribusi produk jadi kantongan plastik yang diproduksi oleh Perseroan.  Perseroan mendistribusikan produk jadinya dengan beberapa jalur distribusi, yaitu:

  • Perseroan distribusi langsung ke pedagang eceran di pasar tradisional;
  • Perseroan distribusi ke pedagang semi grosir ke pedagang eceran di pasar tradisional; dan
  • Perseroan distribusi ke pedagang grosir ke pedagang semi grosir ke pedagang eceran di pasar tradisional.

Perseroan juga merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang beriklan di TV untuk produk jadi kantongan plastik dan telah memperoleh berbagai penghargaan best brand award dari MARS.  Merek Tomat telah memperoleh best brand award sejak tahun 2009 dengan Platinum best brand di tahun 2015.  Sedangkan, merek Wayang telah memperoleh best brand award sejak tahun 2010 dengan Platinum best brand di tahun 2016.

Perseroan mulai melakukan ekspor produk jadi kantongan plastik pada tahun 2006 melalui Entitas Anaknya, yaitu PT. Polypack Indo Meyer.  Pasar ekspornya adalah Inggris, Jerman, Belanda, Spanyol, UAE, Nigeria, Amerika Serikat, Taiwan dll.

Perseroan juga menambah pabrik ke beberapa kota sebagai basis produksi produk jadinya seperti: di kota Solo – Jawa Tengah, Medan – Sumatera Utara, Tangerang – Banten, Cilegon – Banten. Pabrik di Cilegon, Banten adalah pabrik yang memproduksi heavy duty sack sebagai kantongan plastik yang menyimpan biji plastik. 

Dengan konsistensi usaha yang dilakukan dari waktu ke waktu, saat ini Perseroan telah berkembang menjadi salah satu pemimpin pasar produk kantongan plastik yang selalu memberikan prioritas kepada pelanggan. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, Perseroan mendayagunakan seluruh tenaga pemasaran, penjualan dan pengiriman yang mampu melakukan distribusi ke seluruh wilayah pemasaran.

 

©2017 Panca Budi All Rights Reserved | Develop by IT Panca Budi group

Scroll to Top